Toyota 86 News

PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya mewujudkan impian pecinta mobil sport di Indonesia dengan kedatangan All New Toyota 86. Sedan hasil kolaborasi Toyota-Subaru ini ditawarkan dalam tiga varian yaitu standar, model Aero dan TRD yang dibanderol dari Rp. 600-636 juta. 

"Hari ini Toyota membuktikan sebagai salah satu produsen yang memiliki line up produk paling lengkap diseluruh dunia baik untuk kelas premium hinggasport," buka Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT TAM, Plaza Barat Senayan, Jakarta (1/6). 

All New Toyota 86 merupakan pengembangan dari sejarah panjang perjalanansportcar Toyota terdahulu. Semangat Toyota AE-86 atau 'Hachiroku' (1983-1986) yang terkenal berkemampuan mumpuni baik performa maupunhandling dianut sebagai landasan awal pengembangan generasi terbaru Toyota 86. 

Sementara pada powertrain, dapur pacu sedan dua pintu ini diadopsi dari Toyota Sport 800 atau 'Yotahachi' dengan tampilan mesin depan berpenggerak roda belakang (front engine rear wheel drive). Penggunaan mesin yang datar ini juga diklaim menawarkan ketangguhan optimal dengan efisiensi bahan bakar maksimum.

Selanjutnya, desain Toyota 2000GT yang elegan dan sensual pun digunakan sebagai desain dasar All New Toyota 86. Alhasil, unsur aerodinamika pada All New Toyota 86 pun kian terasa. Ini terlihat pada bagian kap mesin danheadlamps All New Toyota 86 yang tajam. Toyota juga menghiasi buritan Toyota 86 dengan lampu belakang LED dan sepasang muffler agar terlihat sensual. 

Built by passion
Seperti diungkapkan oleh Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM, All New Toyota 86 dibangun berdasarkan passion untuk mereka yang senang berkendara (fun to drive). Pasalnya, mobil yang dikemas dengan performa ciamik dan tampilan sporty ini dapat dikendarai dengan mudah baik pemula maupun profesional.

Melihat ke sektor pendongkrak tenaga, 'The Next Hachiroku' ini menggunakan mesin Boxer 2.000 cc berjenis 4U-GSE. Dengan kelengkapan teknologi D-4S (Direct Injection 4-stroke Gasoline Superior), Hachiroku mampu menyemburkan tenaga hingga 187 hp pada 7.000 rpm. Namun, 
tetap irit bahan bakar (klaim : 9,3 km/liter untuk dalam kota dan 12,75 
km/liter diluar kota).

All New Toyota 86 menggunakan penggerak roda belakang (rear-wheel drive) dengan posisi center of gravity yang rendah (460mm) serta pengaplikasian sistem transmisi enam kecepatan manual dan otomatis (plus paddle shift). 

Aura balap Hachiroku terbaru semakin kental dengan penggunaan jok semi balap dan setir kemudi dengan diameter kecil serta pilihan warna hitam atau kombinasi hitam-merah. 

Di kabin pengemudi, sang pemilik juga dihadapkan oleh panel digital dan 
speedometer
 serta tachometer analog. Beragam fitur yang disematkan meliputi paddle shift (transmisi otomatis), cruise control sertaairbags di 
beberapa titik (pengemudi, penumpang dan lutut). 

Hachiroku berkonfigurasi tempat duduk 2+2 ini tersedia dalam tiga pilihan mulai dari model Standar bertransmisi manual (Rp. 600 juta) dan otomatis 
(Rp. 610 juta), model Aeropackage A/T (Rp. 623 juta) serta varian TRD A/T seharga Rp. 636 juta. 

Konsumen juga dapat memilih beberapa pilihan warna seperti satin white pearl, dark grey, crystal black silica, sterling silver, lightning red, galaxy blue silica dan orange. Kehadiran All New Toyota 86 pun siap melanjutkan perjalanan sportcar Toyota di masa depan. Selamat!

Pemberian sayap belakang besar memberikan perubahan paling impresif.
Keagresifan All New Toyota 86 di pasar mobil sport nyatanya tak hanya terbatas pada tampilan Aero Kit yang sudah ada saat ini. Untuk itu, Toyota kembali memperkenalkan perangkat aerodinamika-nya yang sanggup mereduksi drag coefficient sekaligus meningkatkan downforce kendaraan. 

Jika dilihat dari foto, generasi terbaru Hachiroku ini memiliki tampang yang lebih agresif dengan bumper depan, side skirt dan lip bumper belakang baru. Tak hanya itu, bagian buritan pun mendapatkan sentuhan mencolok berkat pengaplikasian sayap belakang yang besar. 

Semua paket yang disematkan pihak Toyota ini tentu saja membantu kinerja dapur pacu 2.000 cc yang dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis enam kecepatan. Kapasitas tersebut, memudahkan Toyota 86 menyemburkan tenaga hingga 200 hp pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 205 Nm di putaran mesin 6.600 rpm. 

Perangkat Aero Kit yang baru saja dilansir di Australia ini akan dijual dengan harga $3,000 AUD (sekitar Rp 28 juta). Sayang, perangkat tersebut hanya disediakan untuk All New Toyota 86 tipe tertinggi saja. Setelah Australia, paket ini juga akan hadir pasar lainnya dalam waktu dekat.
Sesaat setelah peluncurannya di Singapura beberapa waktu lalu, rekan kami dari sgCarMart.com berkesempatan menemui asisten perancang All New Toyota 86. Selain mengungkapkan keunggulan yang ditawarkan Hachiroku (86), Yoshinori Sasaki juga memaparkan alasan kerja sama Toyota dengan Subaru. 

sgCarMart : Tn Sasaki, terima kasih untuk waktu Anda. Apa yang menjadi andalan Toyota melalui peluncuran All New Toyota 86?

Tn. Sasaki : Faktor terpenting adalah kepuasan dalam berkendara. Sejauh ini memang belum ada catatan waktu istimewa yang peroleh mobil ini. Namun, kami tetap fokus kepada pengemudi sehingga pengemudi mendapatkan kesenangan pada saat mengendarainya.

sgCarMart : Bagaimanakah awal kerjasama Toyota dengan Subaru ?

Tn Sasaki : Sama seperti kami, saat itu Subaru juga sedang mencari rekanan. Awalnya, kami tidak tahu mobil apa yang akan dirancang. Kami ingin memproduksi mobil dengan harga terjangkau dan berbobot ringan. 

Tn Sasaki : Namun, faktor mesin menjadi tantangan terberat kami saat itu. Kami ingin merancang mesin yang sedekat mungkin dengan tanah. Pilihan pun akhirnya jatuh kepada mesin datar empat silinder. Ternyata bekerja sama dengan Subaru merupakan pilihan tepat karena handling mobil terasa sempurna berkat pusat gravitasi yang rendah. 

sgCarMart : Mengingat Toyota 86 dan Subaru BRZ memiliki spesifikasi mesin yang sama, lantas apa yang membedakan keduanya?

Tn. Sasaki : Sebenarnya ada sedikit perbedaan dimana mobil digerakkan roda belakang sehingga terasa lebih menyenangkan untuk dikemudikan. Namun, yang lebih penting lagi, terdapat gejala oversteer ataupun understeer saat kemudi diarahkan ke posisi yang lebih netral. Alhasil, meski mobil berpenggerak roda belakang, pengemudi tetap memiliki kendali penuh terhadap mobil. Pembagian bobot mobil dari depan hingga belakang juga hampir sempurna.

sgCarMart : Lalu bagaimana dengan peranan Toyota dalam proyek kerjasama dengan Subaru ini?

Tn. Sasaki : Fokus kami lebih kepada desain mobil sedangkan Subaru lebih terfokus pada mesin mobil. Namun pastinya, kami bekerjasama dengan baik dan selalu bertukar pikiran mengenai bagaimana membuat mobil ini agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

sgCarMart :
 Terakhir, apakah Toyota akan mempertahankan penggunaan empat silinder datar layaknya pada Toyota 86?

Tn. Sasaki : Toyota sedang mengubah haluan. Meski itu bukan milik kami, kami akan menggunakannya jika memang bagus. Bahkan, kami sedang bekerjasama dengan pihak BMW untuk mempelajari lebih jauh tentang mesin diesel mereka. Ambil contoh iPhone yang sebagian besar komponennya datang dari pabrikan yang berbeda-beda, orang-orang tetap menggunakannya karena perangkat tersebut merupakan produk Apple. Walaupun sebenarnya mesin empat silinder datar ditujukan untuk Toyota 86, kami yakin pelanggan setia kami juga akan menyukainya.
Welcome to ToyotaID.com | Our commitment: providing service to you with the best price, quick & easy loan process, and timely delivery. Trust your new Toyota Motor purchase to us | READY STOCK ALL TYPE TOYOTA CAR

DISCLAIMER :ToyotaID.com is personal independent blog. It is not representative of any company or organization. All content are self-promotion purposes.

  © Copyright 2012 : Toyota Surabaya

Back to TOP