Toyota Fortuner with VNT Turbo Diesel (New)

Toyota Fortuner with VNT (Variable Nozzle van Turbo) Diesel
Toyota Fortuner with VNT Turbo Diesel ( Toyota Fortuner turbo diesel intercooler )
 

PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia, sudah menambah jajaran SUV. TAM siap melansir Toyota Fortuner dengan mesin diesel VNT.




Harga Toyota Grand New Fortuner VN Turbo Diesel 2012 di Surabaya dan Sekitarnya.

TipeHarga
FORTUNER 2.5 G M/T DIESEL (NEW)Rp. 394,750,000
FORTUNER 2.5 G M/T TRD DIESEL (NEW)Rp. 419,650,000
FORTUNER 2.5 G A/T DIESEL (NEW)Rp. 405,000,000
FORTUNER 2.5 G A/T TRD DIESEL (NEW)Rp. 429,900,000

Grand New Fortuner Diesel VNTurbo dengan Intercooler merupakan mesin baru yang menggunakan Variable Nozzle van Turbo (VNT) sehingga mampu memberikan tekanan udara yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah dan hasilnya torsi menjadi lebih besar di putaran mesin rendah.
Fortuner Diesel seri sebelumnya menggunakan mesin 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D dan sekarang diganti model 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D VN Turbo Intercooler. Pada mesin baru ini menghasilkan daya maksimum 144 ps/3,400 rpm, ini berarti mengalami peningkatan dari mesin yang lama dengan daya maksimum 102 ps/3,600 rpm. Begitu juga pada torsi maksimum mengalami peningkatan sebesar 35 kgm/1,600-2,800 rpm dari 26.5 kgm/1,600-2,400 rpm.
Grand New Fortuner Diesel ini memiliki 4 tipe :
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD
Perubahan lainnya selain mesin, Grand New Fortuner Diesel VNTurbo mempunyai Hood Scoop pada bagian tengah kap mesin, fungsinya untuk menyalurkan udara dingin ke Intercooler. Teknologi VN (Variable Nozzle) berfungsi untuk mengontrol dalam mengoptimalkan kinerja mesin turbo dalam menghasilkan output yang disalurkan ke seluruh mesin.
Indonesia merupakan negara yang memiliki medan dan cuaca tropis yang ekstrim sehingga banyak pelanggan memilih jenis mobil yang berkesan tangguh, kuat, dan sporty. Jenis mobil tersebut yaitu Grand New Fortuner Diesel.

Dahsyatnya VNT pada Fortuner Diesel
Variable Nozzle Turbo yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang luarbiasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.
Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5kgm/1600 - 2400 rpm  menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis, yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter.
Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja turbocharger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar agar pembakaran sempurna. Tambahan oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.
Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaranturbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.
Bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT.  Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik.
Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.
Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin besar untuk menghindari tekanana berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.
Karena turbo berhubungan dengan aliran  gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat.
Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.


Fortuner menjadi andalan Toyota untuk kelas Sport Utility Vehicle (SUV) medium di pasar automotif Indonesia. TAM ingin memperkuat pasar dengan menawarkan mesin diesel VNT, agar Fortuner makin bisa bersaing dengan kompetitor.

Mesin yang akan digunakan Fortuner diesel ini adalah Common Rail VN Turbo Intercooler (VNT) dengan kapasitas 2,5 liter. Mesin tersebut juga digunakan oleh varian double cabin, Toyota Hilux.

Dengan kapasitas mesin 2,5 liter Common Rail VN Turbo Intercooler, mesin mampu menyemburkan daya 144 PS. Daya ini lebih besar dibandingkan mesin diesel D4D 2,5 liter, yang hanya menghasilkan daya 102 PS.Selain peningkatkan output, torsi juga terdongkrak dari hanya 26,5 kg-m menjadi 35 kg-m. Kendati mengalami peningkatan daya dan torsi, namun mesin diesel Coomon Rail VN Turbo Intercooler ini masih menawarkan efisiensi bahan bakar. Pada Hilux tercatat penggunaan bahan bakar mencapai 15,31 km per satu liter solar.


Toyota mengatakan versi diesel saat ini akan dihapus dan untuk versi bensin masih tetap dijual dipasaran.
 Cara membedakan dengan diesel non-turbo, kita dapat melihat adanya sebuah air scoop di bonnet. Toyota Fortuner hanya akan model dengan sistem 4x2.
Mesin masih mengadopsi sama dengan D-4D 4-silinder, 2,5 liter plus turbo. Di Afrika Selatan, mesin Fortuner VNT 2,5 liter menyemburkan tenaga 142 hp atau lebih besar dari 40 hp dari diesel non-turbo. Masih versi Afsel, torsinya 343 Nm pada 1600-2800 rpm atau naik 83 Nm dari diesel non-turbo.


Tipe TRD akan tetap dihadirkan selain tipe G. Sistem transmisi terbagi dua pilihan yaitu manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Kabarnya Fortuner VNT dibandrol dengan harga Rp 390 juta dan Untuk versi termahal (TRD A/T) dibandrol dengan harga Rp 422 juta.

Dari sisi tampilan sebenarnya tak ada perbedaan dengan diesel non-turbo. Perbedaannya mungkin bisa dilihat dari adanya air scoop di bagian kap mesin



Kapasitas mesin juga kabarnya sama yaitu D-4D 4-silinder, 2,5 liter hanya saja ditambahi turbo sehingga 
tenaganya lebih besar. Sedangkan untuk transmisi ditawarkan dua model manual 5-speed atau otomatis 4-speed.
Belum ada informasi lain yang dilansir Toyota, termasuk soal harga. Namun sebagai patokan, saat ini PT Toyota Astra Motor memiliki total 7 varian Fortuner, 3 bensin dan 4 diesel.





Follow by Email